Selamat datang di Hadi'susanto Blog. "Aku baca, Aku belajar, Aku pintar"

Kamis, 12 April 2012

Kenapa kita harus belajar ?

Oleh : Hadi Susanto, S.Pd
Guru SMKN 3 Palangka Raya

Belajar adalah kegiatan yang paling membosankan. apakah anda yang termasuk berpikiran seperti itu? jika anda yang termasuk orang yang berpikir jika belajar itu adalah kegiatan yang paling membosankan, berarti anda adalah termasuk orang yang akan lambat maju.
Loh mengapa??
secara, kita sadari atau tidak, semua pencapaian kita di dunia ini adalah hasil dari proses belajar. mulai dari kita bisa berjalan, bisa berbicara, bisa memakai baju, bahkan kita bisa makan, tidak lepas dari proses belajar. hanya saja proses belajarnya alami dan merupakan standar kemampuan manusia untuk ukuran manusia normal. proses belajarnya berlangsung secara alamiah yang dikontrol oleh otak bawah sadar kita.
tapi, masalahnya apakah kita hanya puas dengan kebisaan kita yang standar saja, yang sudah otomatis terpogram diotak kita untuk kita pelajari (secara tidak sadar otak kita sejak lahir sudah terprogram untuk memerintahkan seluruh anggota tubuh untuk belajar kemampuan dasar manusia, seperti berjalan, berbicara/berkomunikasi dengan bahasa ibu dan sebagainya),  kita juga butuh kebisaan/kemampuan lebih dari itu agar kita tidak dikatakan manusia yang tertinggal. contoh manusia purba zaman dulu hanya memiliki kemampuan standar untuk makan dan bertahan hidup. itu karena otak mereka masih terbatas kapasitas dan kemampuannya.
tapi kita bukan manusia purba lagi, kita adalah manusia modern yang terlahir di zaman modern dengan segala kecanggihan teknologi. kemampuan otak kita jauh berbeda dengan otak manusia purba. otak kita mempunyai kemmapuan lebih untuk mempelajari apapun yang kita mau. tapi masih banyak diantara manusia yang tidak mau menggunakan otaknya untuk belajar.
manusia menciptakan wadah/sebuah lembaga yang dinamakan sekolah. yang tujuannya adalah untuk melestarikan budaya belajar bagi anak cucu keturunan mereka. tapi kenapa masih banyak generasi muda yang malas untuk belajar ? terutama generasi muda bangsa Indonesia. tanya kenapa ?
diskusikan jawabanmu dengan memberikan koment pada tulisan ini.
apakah ?
a). Dampak teknologi (lebih suka bermain dari pada belajar)
b). Lingkungan Belajar yang tidak nyaman
c). Belum mendapatkan guru yang pas
d). ada alasan lain ..?

3 komentar:

  1. kalo menurut ku pa,, dampak teknologi, terus anak zaman sekarang kan klo gak suka dengan gurunya bakal gak suka juga dengan pelajarannya soalnya jadi bosan gitu nah pa rasanya tu.
    apalagi kalo pelajarannya soal Hitung-hitungan , cuman sebagian orang yang suka lo pa, kecuali hitung duit, bnyak yang suka pa'ai.. hehehehehhe

    BalasHapus
  2. kayanya suka atau ga x sma gurux itu relatif. kalo emank dasarnya males belajar, ya mo di apa2in jg tetap aja mls.kalo ada siswa yg ngaku suka ma gurunya trus rajin belajar, paling brtahan 1-2 bln. kcuali dia emank rajin belajar. smua itu trgantung komitmen pribadi msing2. orang yg mau belajar adalah org yg mnghendaki adanya perubahan dlm dirinya.

    BalasHapus